Perusahaan multi nasional (multinational corporation-MNC), adalah perusahaan yang terlibat dalam memproduksi dan menjual barang-barang dan jasa-jasa pada lebih dari satu negara
Biasanya induk perusahaan berada di negara asal, dan memiliki paling tidak lima atau enam cabang di luar negeri
Dengan suatu interakasi stratejik tingkat tinggi antar unit
Beberapa Pertimbangan Yg. Mendorong Munculnya Perusahaan Multinasional
- Mencari Bahan Baku (search for raw material), para pencari bahan baku merupakan perusahaan multinasional paling awal, dikatakan juga sebagai perusahaan-perusahaan internasional penjarah; contoh Belanda, Inggris, Prancis dll
- Mencari Pasar (market seeking), merupakan pola dasar dari perusahaan multinasional modern yang menuju ke luar negeri memproduksi dan menjual barang dan jasa yang dihasilkan di pasar luar negeri;
- Minimsasi Biaya (Cost Minimization), minimsasi biaya telah menjadi dasar bagi perusahaan-perusahaan melakukan bisnis secara internasional, perusahaan mencari tempat-tempat produksi dan investasi dengan biaya murah;
- Mencari Pengetahuan (Knowladge seeking), perusahaan-perusahaan memasuki pasar luar negeri dalam upaya untuk memperoleh informasi dan pengalaman yang diharpkan akan memberi manfaat ditempat lain.
- Mempertahankan Para Pelanggan domestik (keeping domestic customers),
- Mengeksploitasi Ketidaksempurnaan pasar keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar